Selasa, 10 September 2024

Pohon Kelor Afrika



Asal Usul

Moringa stenopetala sering disebut sebagai Pohon Moringa Afrika karena tanaman ini hanya berasal dari Etiopia dan Kenya utara. Meskipun tumbuh di banyak bagian lain di daerah tropis dunia lama dan baru, tanaman ini tidak begitu dikenal seperti kerabat dekatnya, Moringa oleifera. Semua bagian pohon kecuali kayunya dapat dimakan, menyediakan makanan yang sangat bergizi bagi manusia dan hewan. Bunganya merupakan sumber nektar yang baik untuk madu dan bijinya merupakan sumber minyak yang kaya untuk keperluan memasak dan pelumas. Banyak bagian tanaman ini telah digunakan dalam sediaan obat. Seluruh tanaman telah digunakan sebagai pagar hidup, pagar, dan penahan angin.

Kayunya sangat lunak; berguna untuk kertas tetapi menghasilkan kayu bakar bermutu rendah dan arang yang buruk. Biji yang dikeringkan dan dihancurkan berfungsi sebagai koagulan yang mirip dengan tawas kimia; air yang sangat keruh dapat dijernihkan saat biji yang dihancurkan ditambahkan. Bahan padat dan beberapa bakteri akan menggumpal dan kemudian tenggelam ke dasar wadah. Air yang telah dibersihkan kemudian dapat dituang dan direbus. Gunakan 100 miligram (sekitar 1 hingga 1½ biji) biji yang dihancurkan untuk membersihkan 1 liter (1 liter) air keruh.

Penanama

  • Ketinggian: 0-1800 m (5.400 kaki) • Curah hujan: Lebih toleran terhadap kekeringan dibandingkan M. oleifera
  • Cahaya: Sinar matahari penuh masih dalam batas normal, meski naungan parsial masih dapat ditoleransi.
  • Suhu: Embun beku ringan tidak akan membahayakannya. Namun, embun beku dapat menyebabkannya mati hingga ke permukaan tanah, tempat tunas baru dapat tumbuh. Tanam benih sekitar 2 cm (1 inci) di tanah yang lembap tetapi tidak terlalu basah. Perkecambahan biasanya terjadi dalam 1-2 minggu. Tanaman dapat dibiarkan tumbuh di tempat teduh (6-15 m/18-45 kaki), atau dibiarkan rendah (sekitar 1-1,5 m/3-4,5 kaki) agar lebih mudah dipanen.

Pemanenan dan Produksi Benih

Panen seluruh tanaman yang masih sangat muda, daun muda, dan bahkan daun dan bunga yang lebih tua untuk dimakan. Petik polong muda yang ramping (disebut sebagai drumstick) untuk digunakan seperti kacang hijau. Biji polong yang lebih tua dapat dikupas dari polong dan dimasak seperti kacang hijau. Panen polong yang matang untuk mendapatkan biji yang matang. Pangkas cabang berbunga yang lebih tua berulang kali untuk merangsang produksi tunas cabang baru sebagai sumber tambahan bahan panen daun.

Hama dan Penyakit

Kelor tahan terhadap sebagian besar hama dan penyakit, meskipun pembusukan akar dapat terjadi jika tanah terlalu basah.

Memasak dan Gizi

Dedaunan dan polong buah kelor merupakan sumber kalsium dan zat besi yang kaya, dan sumber vitamin B, A, dan C yang baik (jika mentah) dan protein (termasuk asam amino yang mengandung sulfur, metionina, dan sistin dalam jumlah yang cukup). Daun M. stenopetala lebih besar dan lebih menarik penampilannya daripada daun M. oleifera . Daun muda dan tua dapat dimakan, meskipun daun yang lebih tua lebih lembut dan lebih empuk. Daun tersebut dapat dimasak dalam semur, sup, dan tumis, atau direbus sebagai bayam. Polong muda dapat dimasak, menawarkan rasa yang mirip dengan asparagus. Biji yang belum matang sering dimasak dan dimakan sebagai sayuran segar, sedangkan biji yang matang dapat dikeringkan dan dipanggang. Bunganya dapat dimasak atau dikeringkan dalam oven dan diseduh sebagai teh. Simpan daun kering sebagai suplemen sup atau saus di masa mendatang. Bunga dapat dimakan; rasanya seperti lobak.

Mencokelatkan biji dari polong yang sudah matang dalam wajan, menghancurkannya, dan menaruhnya dalam air mendidih menyebabkan minyak goreng atau minyak pelumas yang sangat baik (sangat mirip dengan minyak zaitun) mengapung ke permukaan. Minyak tersebut dapat diawetkan dengan baik meskipun menjadi tengik seiring bertambahnya usia. Jika Anda menginginkan resep Moringa, tulislah ke ECHO untuk meminta catatan teknis, "Resep Moringa


Jika berminat silahkan kontak kami 



Semoga apa yang kami tawarkan bermanfaat untuk Anda

Tidak ada komentar:

Pohon Kemboja Posil

Kamboja Fosil/ Purba  Sebagai Pohon Hias Taman Dan Pekarangan Rumah Pohon kamboja atau dikenal juga sebagai pohon cemara kamboja...