Sabtu, 10 Februari 2018

Bambu Kuning

Bambu Kuning






Bambu kuning ( Bambusa Vulgaris ) tergolaong salah satu tanaman hias karena memiliki keindahan warna dan bentuknya yang menariik selain itu , tanaman ini di yakini banyak orang mimiliki kekuatan Mistis sebgai pengusir setan dan santet.
Bahkan bambu kuning jga percaya mampu mencegah niat jahat pada penghuni rumah seperti pencirian dan prampokan. karena itu tak heran tanaman ini selalu kita jumpai di Halaman halaman rumh atau sebagqi pagar rumah dan di tanama menyerupai pagar pada umumnya.

Namun di nalik keindahan bambu kuning, nyatanya tanaman ini bukan hanya bermanfaat sebagai tanaman hias, terdpqt sejuta manfaat yang terkandung dalqm tanaman ini, bahkan di cina dan india bambu kuning sering dimanfaatkan untuk pengobatan Alternatif.

1. Akar
akar tamanam bambu kuning berupa akar serabut umumnya berwarna putih

2. Batang
Batang tanaman beruas-ruas dan berwarna kuning. Umumnya tumbuh lurus dengan tinggi batang 10s/d20 meter dan berdiameter 4 sampai 10 cm permukaan batang berambut hitam dan di lapisi lilin saat masih muda dan berangsur halus dan tidak berambut. Tanaman ini tidak bisa tumbuh rimbun seperti bambu pada umumnya jika menggunakan matrial pot

3. Daun 
Tanaman bambu kuning memiliki daaun lurus memiliki daun bersegitiga ujung meruncing panjang daun bisa mencapai 5s/d6 cm dan daun berwarna hijau.

4. Bunga 
Bunga tanaman bambu kuning termasuk bunga majemuk dan berbentuk malai. umumnua berwarna ungu kehitaman.

Habitat
Bambu kuning tumbuh di daerah tropis hingga subtropis dengan ketinggian lahan sekitar 1,200 meter dpl. Di Asia Tenggara, bambu kuning banyak dijumpai di desa-desa, pinggiran sungai, dan di tanah lapang. Di perkotaan, tanaman ini sering dijadikan sebagai pengias taman rumah. Di Semenanjung Malaysia, tanaman ini dapat tumbuh subur di lahan-lahan terdegradasi yang mengandung timah.
Cara penanaman tanaman hias satu ini pun tergolong mudah, berikut pembahasannya:

  1. Menyiapkan Bibit
Bibit bambu diperoleh dengan  cara stek batang, rhizome / cabang. Tetapi untuk bambu kuning sebaiknya menggunakan teknik rhizoma.

  2. Menyiapkan Media Tanam
- Menggali tanah tempat nantinya bambu ditanam.
- Mencampurkan tanah bekas galian, pupuk, dan dedaunan.
- Mengkomposkan campuran tersebut selama 2 bulan.
- Menanam bibit bambu pada lahan yang telah dikomposkan     sebelumnya.



Catatan: sebaiknya bambu kuning ditanam pada akhir periode musim hujan (Desember-Februari) dengan jarak tanam 6 sampai 12 meter x 6 sampai 12 meter.

Manfaat Bambu Kuning Untuk Kesehatan
Begitu banyak  manfaat yang terkandung dalam bambu kuning, bukan hanya sebagai tanaman hias, namun juga bermanfaat baik untuk kesehatan kita.

   1. Mengobati Liver
Kandungan fenol yang bersifat anti racun pada hati mampu memperbaiki kerusakan hati. Bagian yang dimanfaatkan adalah bagian rebung (tunas bambu yang baru berusia beberapa hari). Dapat diolah menjadi sayur rebung atau dijadikan ramuan, sbb:

- Siapkan rebung bambu kuning, iris tipis.
- Keringkan irisan rebung bambu kuning.
- Rebus rebung kering dengan 10 gelas air selama 15 menit.
- Saring air rebusan, minum airnya selagi hangat 1/3 gelas.
- Minum rutin 3x sehari.


Catatan: irisan bambu yang telah digunakan dapat dimanfaatkan kembali hingga 3x rebusan, karena perlu diingat bahwa bambu kuning tidak dapat menghasilkan rebung yang banyak.

   2. Sumber Protein Dan Nutrisi
Bambu kuning mengandung potassium yang rendah kalori serta memiliki rasa yang manis sehinga sangat baik untuk dikonsumsi, karena itulah bambu kuning dimanfaatkan sebagai makanan tambahan yang menyehatkan. Contohnya dengan mengolah rebung bambu kuning  menjadi sayur.
Jika minat bisa hubungi kami di no

Deni 0822-1353-4982 / Soheh 081383683776

Tidak ada komentar:

Pohon Kemboja Posil

Kamboja Fosil/ Purba  Sebagai Pohon Hias Taman Dan Pekarangan Rumah Pohon kamboja atau dikenal juga sebagai pohon cemara kamboja...